-->

Makanan Tinggi Elektrolit Pencegah Dehidrasi yang Jarang Diketahui


Semua pasti pernah mendengar kata dehidrasi, akan tetapi tidak banyak dari kita tau apa sebenarnya DEHIDRASI itu. DEHIDRASI itu adalah kondisi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang didapatkan, sehingga keseimbangan zat gula dan garam menjadi terganggu, akibatnya tubuh tidak dapat berfungsi secara normal. KANDUNGAN AIR yang sehat didalam tubuh manusia adalah lebih dari 60% dari total BERAT BADAN.
pojokelit.blogspot.com

Kebanyakan dikalangan remaja dan anak-anak KEKURANGAN CAIRAN TUBUH atau DEHIDRASI itu terkadang tidak dianggap sebagai permasalahan kondisi tubuh yang tidak perlu ditanggapi dengan serius, hanya dianggap sebagai haus biasa. Akan tetapi apabila PENANGANAN DEHIDRASI ini tidak ditanggapi dengan serius bisa mengganggu fungsi tubuh.
Bersumber dari  Liputan 6 dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa MAKANAN TINGGI ELEKTROLIT  yang dapat mengurangi DEHIDRASI. Sebelum kita masuk ke pembahasan alangkak lebih baiknya kita bahas APA ITU ELEKTROLIT. Elektrolit adalah  mineral yang membawa muatan listrik. ELEKTROLIT memicu fungsi sel di seluruh tubuh. Zat ini mendukung HIDRASI dan membantu tubuh menghasilkan energi. Mereka juga bertanggung jawab untuk merangsang kontraksi otot, termasuk yang membuat jantung berdetak kencang. Di bawah ini kita akan membahas beberapa MAKANAN TINGGI ELEKTROLIT yang dapat mengurangi dehidrasi.
·         Semangka
pojokelit.blogspot.com

Yang pertama adalah buah semangka. Semangka kaya akan kalium dan magnesium. Buah ini juga kaya akan air yang membantu hidrasi tubuh. Menariknya, semangka terdiri dari 92% air. Semangka juga mengandung L-citrulline. Ketika digunakan pada dosis tambahan, asam amino ini dapat meningkatkan transportasi oksigen dan kinerja atletik.
·         Biji Labu
Yang kedua adalah Biji Labu. Mengapa biji labu termasuk dalam makanan tinggi elektrolit karena mengandung lemak sehat juga MAGNESIUM. Biji labu adalah salah satu sumber magnesium alami terbaik. Biji labu utuh juga merupakan sumber serat yang baik. Makanan tinggi serat dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk pengurangan risiko penyakit jantung, diabetes dan obesitas.
pojokelit.blogspot.com

·         Bayam
pojokelit.blogspot.com

Banyak mungkin dari kita yang mengganggap bayam hanya sayuran biasa tanpa tahu banyak mamfaatnya. Bayam mengandung sekitar 250 mg kalsium per cangkir. Bayam lebih mudah diserap daripada kalsium yang diperoleh dari sumber susu. Bayam juga merupakan salah satu sumber terbaik magnesium yang diperlukan untuk metabolisme energi, mempertahankan fungsi otot dan saraf.
Selain itu bayam juga membantu irama jantung teratur, sistem kekebalan tubuh yang sehat, dan menjaga tekanan darah. Magnesium juga berperan dalam ratusan reaksi biokimia yang terjadi dalam tubuh.

·         Pisang
pojokelit.blogspot.com

Pisang kaya akan kalium. Pisang berukuran besar mengemas sekitar 480mg, atau 10 persen dari kebutuhan harian kalium. Pisang juga mengandung 36,7 mg magnesium, menyediakan sekitar 10 persen dari kebutuhan hariannya. Seperti banyak elektrolit lainnya, magnesium memungkinkan fungsi saraf dan otot, tetapi perannya dalam kesehatan sangat luas. Mengonsumsi pisang dapat membantu mengurangi kram dan nyeri otot yang berhubungan dengan olahraga.
·         Alpukat
pojokelit.blogspot.com

Alpukat dipenuhi dengan lemak sehat, kalium, magnesium, dan seng. Alpukat merupakan cara yang baik untuk mengembalikan elektrolit esensial tanpa mengonsumsi terlalu banyak garam. Satu alpukat mengemas 950mg potasium dan 58mg magnesium.
·         Keju
pojokelit.blogspot.com

Keju adalah sumber kalsium yang baik, nutrisi utama untuk tulang dan gigi yang sehat, pembekuan darah, penyembuhan luka, dan menjaga tekanan darah normal. Keju juga mengandung sodium, kalium, magnesium, dan fosfor yang merupakan pembangun elektrolit tubuh.
·         Tahu
pojokelit.blogspot.com

Seperempat blok tahu menyediakan lebih dari 40 persen kebutuhan kalsium harian. Selain itu, tahu memasok lebih dari 10 persen kebutuhan harian akan zat besi, magnesium, dan seng. Kedelai adalah komponen utama tahu. Kedelai juga kaya lemak tak jenuh ganda yang sehat, terutama asam omega-3 alfa-linolenat.
Nah itu dia guys beberapa MAKANAN ELEKTROLIT TINGGI yang dapat mengurangi KEKURANGAN CAIRAN TUBUH (Dehidrasi). Ditunggu ya update artikel-artikel terbarunya. Mohon kritik dan saran di kolom komentar untuk jadi bahan refernsi buat penulis agar bisa lebih baik kedepannya lagi.


Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter