-->

Dampak Kurangnya Menjaga Kesehatan Gigi yang Jarang Diketahui


Gigi adalah salah satu bagian terpenting dari seseorang. Gigi merupakan faktor penunjang seseorang untuk tampil lebih percaya diri dihadapan orang banyak. Menjaga KESEHATAN GIGI merupakan salah satu hal yang penting. Apabila gigi kita sakit, maka makanan pun akan susah untuk kita nikmati dan aktifitas kita akan sangat terganggu apabila gigi kita sakit. Sehingga banyak orang yang sering bilang “ Lebih Baik Sakit Hati daripada Sakit Gigi”. Akan tetapi pepatah itu hanya berlaku bagi sebagian orang yang sedang mengalami sakit gigi, hehe.

pojokelite.blogspot.com

Dalam artikel kalin ini kita akan membahas dampak kurangnya menjaga kesehatan gigi dan hal yang harus dilakukan dalam menjaga kesehatan gigi tersebut. Sebelum masuk ke pembahasan alangkah lebih baiknya mengingat bagaimana rasanya ketika kita sedang mengalami sakit gigi, sehingga kita semua tidak lagi malas-malasan dalam merawat dan memberikan perhatian yang lebih dalam menjaga kesehatn gigi. Kita akan membahas satu persatu beberapa dampak dan akibat kurangnya perhatian kita terhadap kesehatan gigi.

  • ·         Sakit Gigi

Rata-rata kebanyakan orang pasti sudah mengalami rasa sakit yang satu ini, dikarenakan kurangnya menjaga kesehatan gigi kita. Sakit adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat. Sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus, bisa juga hilang-timbul.

  • ·         Gusi Berdarah dan Bengkak

Salah satu penyebab gusi berdarah adalah radang gusi. Radang gusi bisa dipicu oleh menempelnya plak gigi pada gusi. Plak yang menumpuk dan mengeras akan membentuk karang gigi dan menimbulkan peradangan pada gusi. Jika sudah seperti ini, gusi menjadi rentan berdarah.

  • ·         Karies Gigi (Gigi Berlubang)

Banyak faktor yang menyebabkan karies gigi itu salah satu diantarnya adalah Plak Gigi. Plak yang tidak dibersihkan akan segera menumpuk dan memudahkan bakteri menempel pada plak dan menyebabkan kerusakan gigi. Plak ini selain bisa membuat gusi berdarah apabila lama kelamaan kita tidak memperhatikan kesehatan gigi kita, maka akan menyebabkan gigi berlubang.

  • ·         Bau Mulut

Bau mulut tidak sedap atau halitosis dapat disebabkan oleh beragam hal. Namun studi menunjukkan, 80% bau mulut disebabkan oleh adanya masalah pada kesehatan gigi dan mulut, seperti gigi berlubang atau masalah gusi. Oleh karena itu, menjaga kesehatan gigi dan mulut sangat penting dilakukan.

  • ·         Karang Gigi

Karang gigi dapat dikenali dengan adanya lapisan seperti kotoran berwarna kekuningan atau kecokelatan pada garis gusi, dan sulit dihilangkan meski telah dibersihkan atau disikat berulang kali.

Setelah mengetahui beberapa dampak yang bisa terjadi dengan kurangnya menjaga kesehatan gigi, tentunya kita semua akan berfikir hal hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi kita. Beberapa hal yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi antara lain seperti :
1.      Sikat Gigi minimal dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur
2.      Gunakan takaran pasta gigi sesuai yang dianjurkan oleh ahli gigi maupun dokter gigi
3.      Sikat seluruh permukaan gigi, dan usahakan sikat gigi minimal 2 menit
4.      Ganti sikat gigi 3 bulan sekali.
5.      Perbanyak konsumsi makanan berserat, buah- buahan seperti apel, melon, pepaya, bengkuang dan wortel karena dapat membantu membersihkan sisa- sisa makanan yang menempel di sela- sela gigi dan mengurangi bau mulut.
6.      Periksa rutin ke dokter gigi minimal 6 bulan sekali.
7.      Hindari kebiasaan mengemil makanan manis dan lengket diantara waktu makan (misal permen, coklat, soda, dll), serta makan makanan yang mengandung asam (misal cuka, asam jawa, kunyit) karena dapat mengikis lapisan email gigi.
8.      Bagi anak anak hendaknya menggunakanlah sikat gigi khusus untuk anak-anak karena dirancang dengan bulu sikat yang lembut dan kepala sikat yang kecil untuk memudahkan menyikat mulut.

Itu dia guys sedikit pembahasan mengenai dampak dari kurangnya menjaga kesehatn gigi. Jangan lupa komentar dan saran untuk bisa lebih baik kedepannya lagi. Tunggu kami dipostingan selanjutnya. Semoga artikelnya bermamfaat dan bisa jadi bahan refernsi buat sobat semua.

Related Posts

1 comment

  1. waduh menjaga gigi itu wajib mas hehe supaya ga bau mulut juga

    ReplyDelete

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter