-->

Pembagian, Cabang, Prinsip dan Kegiatan Ekonomi

Kali ini kita kan membahas konsep dasar ilmu ekonomi. Seperti yang sudah di tuliskan artikel sebelumnya tentang pengertian, pelaku dan kebutuhan ekonomi. Sekarang kita akan membahas konsep dasar dari ilmu ekonomi itu seperti apa. Baiklah lansung saja kita akan mengulas apa saja bagian-bagian dari konsep dasar ilmu ekonomi itu sendiri.



     I.     Pembagian Ilmu Ekonomi

Pembagian ilmu ekonomi dapat dikelompokkan menjadi dua bagian kelompok yaitu ekonomi deskriptif dan teori ekonomi. Dibawah ini kami akan menjelaskan bagian-bagian dari kedua kelompok tersebut.
·      Ekonomi Deskriptif
Bekerja dengan mengumpulkan informasi-informasi faktual mengenai masalah ekonomi. Ekonomi deskriptif menggambarkan keadaan perekonomian yang sebenarnya terjadi di masyarakat. Hasilnya berupa fakta-fakta atau information empiris. Contoh : jumlah angkatan kerja, struktur serikat , asal usul serta sejarah lembaga ekonomi. Pada ekonomi deskriptif tidak ada penjelasan mengapa fakta-fakta tersebut terjadi dan tidak ada pernyataan evaluatif atau penilaian pada fakta-fakta itu.

·      Teori Ekonomi
Berusaha menggeneralisasi information ekonomi dan memberikan penafsiran terhadap information tersebut. Teori ekonomi merupakan kumpulan asas atau hukum ekonomi yang digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kebijakan ekonomi (menerangkan hubungan antara peristiwa-peristiwa ekonomi dan merumuskan hubungan tersebut dalam suatu hukum ekonomi). Information sudah disusun, diolah dan diuji coba.
Adapun teori ekonomi itu sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu teori ekonomi mikro dan teori ekonomi makro.
a.       Teori Ekonomi Mikro
Ekonomi Mikro  mempelajari perilaku individu dan rumah tangga produksi atau perusahaan dalm membuat keputusan untuk mengalokasikan sumber daya yang terbatas.

b.      Teori Ekonomi Makro
Ekonomi Makro khusus mempelajari mekanisme kerja perekonomian secara keseluruhan. Ekonomi makro meneliti fenomena ekonomi yang luas. contoh : tingkat pengangguran, pendapatan nasional, tingkat pertumbuhan ekonomi, inflasi, dan tingkat harga. Tujuannya untuk memahami berbagai peristiwa ekonomi dan merumuskan serta memperbaiki kebijakan ekonomi.
Teori ekonomi ini memunculkan suatu cabang ekonomi yang disebut Ekonomi Terapan. Ekonomi terapan merupakan cabang ilmu ekonomi yang menggunakan hasil kajian teori ekonomi untuk menjelaskan fakta-fakta yang dikumpulkan ekonomi deskriptif. Dipandang sebagai sarana untuk solusi bagi masalah-masalah praktis. Ekonomi terapan antara lain menggunakan teori ekonomi, pengukuran dan metode analisis statistik, serta ekonometrika untuk menjelaskan fenomena ekonomi dan untuk menginformasikan kebijakan ekonomi.

  II.      Cabang Ilmu Ekonomi

Ada beberapa bagian dari cabang ilmu ekonomi diantaranya seperti di bawah ini :
·      Ilmu Ekonomi Moneter
Ilmu ekonomi moneter  membahas tentang uang, perbankan, dan lembaga keuangan lainnya. Juga berbagai aspek yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan hal tersebut. Seperti inflasi, jumlah uang yang beredar, dan tingkat suku bunga.
·      Ilmu Ekonomi Publik
Ilmu ekonomi publik : membahas tentang kebijakan pemerintah dalam perekonomian. Seperti APBN, APBD, utang pemerintah, pajak, dan retribusi.
·      Ilmu Ekonomi Industri
Ilmu ekonomi industri membahas interaksi perusahaan dalam suatu industri. Dapat berupa persaingan usaha, kinerja perusahaan, atau kartel. Pembahasan ini termasuk dalam lingkup ekonomi mikro.
·      Ilmu Ekonomi Internasional
Ilmu ekonomi internasional membahas tentag kegiatan perekonomian antarbangsa atau antarnegara. Seperti transaksi perdagangan antarnegara, aliran investasi antarnegara, dan neraca pembayaran.
·      Ilmu Ekonomi Provincial
Ilmu ekonomi provincial membahas interaksi ekonomi antar wilayah dan compositions pengembangan suatu wilayah.
·      Ilmu Ekonomi Sumber Daya Alam (SDA)
Ilmu ekonomi sumber daya alam (SDA) membahas masalah dan alokasi sumber daya alam yang ideal menurut ekonomi. Misal, eksternalitas positif dan negatif.
·      Ilmu Ekonomi Sumber Daya Manusia (SDM)
Ilmu ekonomi sumber daya manusia (SDM) membahas faktor produksi tenaga kerja. Seperti masalah pengangguran, upah least, dan tingkat pendidikan calon tenaga kerja.
·      Ilmu ekonomi syariah
Ilmu ekonomi syariah bertujuan untuk menerapkan ekonomi Islam. Pokok bahasannya antara lain prinsip bagi hasil, penghapusan riba pada perekonomian, dan zakat.

III.     Prinsip Ekonomi

Prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi adalah dasar berpikir untuk menghasil barang atau jasasebanyak-banyaknya dengan biaya produksi dan pengorbanan tertentu. Atau, dengan biaya produksi dan pengorbanan yang serendah-rendahnya diperoleh barang atau jasa tertentu. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan produksi adalah sebagai berikut:
1.      Menggunakan bahan baku berkualitas terbaik tetapi dengan harga yang withering murah.
2.      Mendirikan tempat usaha yang dekat dengan bahan baku, tenaga kerja, atau daerah pemasaran.
3.      Menggunakan sumber daya seperti modular, tenaga kerja, dan waktu seefisien mungkin.
4.      Menggunakan tenaga kerja terampil.
5.      Menggunakan mesin present day dengan produktivitas tinggi tetapi dengan biaya yang rendah.
Prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi adalah upaya menyampaikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen dalam jumlah, mutu, dan waktu yang tepat dengan biaya tertentu. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan distribusi adalah sebagai berikut:
1.      Menyalurkan barang dengan tepat waktu.
2.      Menggunakan sarana distribusi yang murah.
3.      MemiIih lokasi perusahaan di antara produsen dan konsumen.
4.      Meningkatkan mutu pelayanan.
5.      Membeli barang pada produsen yang tepat.
Prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi adalah dasar berpikir untuk memperoleh kepuasan sebesar-besarnya dari satu barang atau jasa dengan anggaran dan pengorbanan tertentu. Atau, dengan anggaran dan pengorbanan yang sekecil-kecilnya, diperoleh kepuasan dari barang atau jasa tertentu. Penerapan prinsip ekonomi dalam kegiatan konsumsi adalah sebagai berikut:
1.      Membeli barang dengan kualitas bagus.
2.      Membeli barang dengan harga murah.
3.      Memilih barang sebelum membelinya.
4.      Membeli barang sesuai dengan kebutuhan.
5.      Membuat daftar kebutuhan barang penerapan dengan skala prioritas.

IV.     Kegiatan Ekonomi

Kegiatan ekonomi adalah kegiatan yang dilakukan orang dalam bidang ekonomi untuk menghasilkan pendapatan dalam rangka memenuhi kebutukan hidup. Secara garis besar kegiatan ekonomi dapat dikelompokkan menjadi 3 hal yaitu proses produksi, distribusi dan konsumsi.
·      Produksi
Produksi adalah kegiatan menambah faedah ( kegunaan ) suatu benda atau menciptakan benda baru sehingga lebih bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan. Produksi di bagi menjadi dua macam yaitu produksi barang dan produksi jasa.
·      Distribusi
Distribusi adalah suatu expositions penyampaian barang atau jasa dari produsen ke konsumen dan para pemakai, sewaktu dan dimana barang atau jasa tersebut diperlukan. Expositions distribusi tersebut pada dasarnya menciptakan faedah (utility) waktu, tempat, dan pengalihan hak milik.
·      Konsumsi
Konsumsi adalah tindakan menghabiskan atau mengurangi secara berangsur-angsur manfaat suatu barang dalam memenuhi kebutuhan untuk memelihara kelangsungan hidupnya. Tujuan konsumsi adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup.Fungsi dari komsumsi adalah agar kelangsungan hidup tetap terjaga.








Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter