-->

Apa Yang Tidak Pernah Dijelaskan Media Kepada Anda Tentang Administrasi


Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengulas pembahasan tentang administrasi. Menyebut kata ADMINISTRASI tentunya kita tidak asing dengan kata tersebut. Akan tetapi, seperti apa lengkapnya administrasi tersebut , mungkin banyak dari kita semua yang belum benar-benar memahaminya. Baiklah mari kita ulas sedikit demi sedikit kejelasan tentang hal yang berkaitan dengan kata itu sendiri. Yuk mari disimak pembahasannya di bawah ini.
Sales

1.      Pengertian Administrasi
Ada dua pembagian kata dalam pengertian Administrasi itu, yakni pengertian secara sempit dan luas. Di bawah ini adalah pengertian tentang keduanya
a.       Pengertian Administrasi secara Sempit
Administrasi ialah suatu bentuk usaha dan kegiatan yang berkaitan dengan pengaturan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan. Pengertian administrasi secara sempit ialah suatu bentuk kegiatan yang meliputi catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan sederhana, ketik-mengetik, dan sebagainya yang mempunyai sifat teknis ketatausahaan.

b.         Pengertian Administrasi secara Luas
administrasi secara luas ialah segala bentuk proses kerja sama dari dua orang atau lebih untuk mencapai tujuannya dengan memanfaatkan sarana dan prasana khusus secara berdaya guna dan berhasil guna.
Sebenarnya dari dua pengertian di atas intinya sama saja. Akan tetapi hal yang membedakan diantara keduanya hanyalah ruang lingkup dan cakupan yang diambil dalam mengartikan kata administrasi itu sendiri.
2.      Ciri-Ciri Administrasi
Ada beberapa ciri dari Administrasi yang dapat kita jabarkan dalam artikel kali ini. Diantaranya adalah sebagai berikut:
a.         Ada kelompok manusia yang terdiri dari 2 individu atau lebih.
b.         Ada kerja sama.
c.         Ada proses atau usaha.
d.         Ada bimbingan, kepemimpinan dan pengawasan.
e.      Mempunyai tujuan.
3.      Fungsi dan Tujuan Administrasi
Beberapa fungsi dan tujuan dari administrasi diantaranya adalah sebagai mana yang di tuliskan sesuai dengan yang ada di bawah ini:
a.       Fungsi Administrasi
1)      Perencanaan (Planning)
2)      Pengorganisasian(Organizing)
3)      Pengadaan Tenaga Kerja (Staffing)
4)      Pengarahan atau Bimbingan (Directing)
5)      Koordinasi (Coordinating)

b.      Tujuan Administrasi
Beberapa tujuan dari Administrasi antara lain sebagai berikut :
1)      Agar seorang usaha dapat memantau aktivitas administrasi perusahaannya.
2)      Agar seorang pelaksana usaha dapat menilai kegiatan-kegiatan pengorganisasian perusahaan.
3)      Agar seorang pelaksana usaha dapat menyusun program peningkatan usaha dan kegiatan pengorganisasian.
4)    Agar seorang pelaksana usaha dapat mengamankan kegiatan-kegiatan usaha dan organisasi perusahaan.
4.      Unsur-Unsur Administrasi
Menurut The Liang Gie unsur-unsur Administrasi itu dibagi menjadi tiga garis besar seperti yang tertera di bawah ini.
a.       Unsur Statis
Unsur Statis adalah unsur-unsur yang membagi kegiatan administrasi berdasarkan wadah kegiatan. Unsur Statis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1)      Organisasi
2)      Manajemen
3)      Komunikasi
4)      Informasi
5)      Personalia
6)      Finansia
7)      Materia
8)      Relasi Publik
b.      Unsur Dinamis
Unsur Dinamis adalah unsur-unsur yang membagi kegiatan administrasi berdasarkan system pembagian kerja. Unsur Dinamis tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1)      Tata keragaan
2)      Tata pimpinan
3)      Tata hubungan
4)      Tata keterangan
5)      Tata kepegawaian
6)      Tata keungan
7)      Tata perbekalan
8)      Tata humas
c.       Unsur Administrasi Secara Umum
Unsur Administrasi Secara Umum adalah unsur-unsur yang membagi kegiatan administrasi secara umum. Unsur Administrasi Secara Umum tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :
1)      Organisasi
2)      Manajemen
3)      Komunikasi
4)      Kepegawaian
5)      Keuangan
6)      Perbekalan
7)      Ketatausahaan
8)      Hubungan masyarakat

5.      Jenis-Jenis Administrasi
Jenis-jenis Administrasi ini sendiri dikelompokkan berdasarkan materi yang di jadikan sebagai kajian pokok dalam pengelolaannya. Jenis-jenisnya antara lain dikelompokkan sebagai berikut :
a.       Administrasi Publik
Dalam administrasi publik pokok kajian yang dibahas ialah tiga elemen utama dalam sebuah negara. Ketiga elemen tersebut yaitu lembaga legislatif, eksekutif serta yudikatif. Dalam kajiannya, administrasi publik mengaitkan ketiga elemen utama negara tersebut dengan beberapa peraturan dan kebijakan yang berhubungan dengan publik, tujuan negara serta etika yang menjadi acuan penyelenggara negara.

Awal mula kemunculan konsep administrasi publik ini ialah gagasan dari sebuah essai yang dibuat oleh Woodrow Wilson yang judulnya Intoduction To Study Administrasi. Dalam pelaksanaannya administrasi publik ini akan selalu berhubungan dengan birokrasi, termasuk pada peraturan dan pelaksana peraturan tersebut.

b.      Administrasi Pembangunan
Merupakan sistem administrasi yang dibuat untuk melakukan pengendalian usaha oleh pemerintah. Tujuannya ialah untuk meralisasikan pertumbuhan yang sudah direncanakan pada suatu kondisi yang lebih baik serta maju pada beberapa aspek.
Sistem administrasi pembangunan ini mulai muncul pasca perang dunia II, dimana pada masa itu semua negara di dunia membutuhkan sebuah sistem untuk bisa menciptakan pembangunan negara mereka setelah berakhirnya perang yang melibatkan hampir semua negara yang ada didunia.
Namun beberapa ahli berpendapat, bahwa adanya Rencana Marshall dari Amerikan merupakan salah satu motivasi utama terciptanya konsep administrasi pembangunan ini. Marshal Plan ini merupakan sebuah program dari negara yang memenangkan peperangan untuk membantu negara yang hancur dan mengalami kekalahan pada masa perang dunia II tersebut.

c.       Administrasi Lingkungan
Merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang dilaksanakan pemerintah dan masyarakat yang tujuannya untuk mewujudkan wawasan lingkungan serta tanpa mengesampingkan kualitas manusia dan lingkungan.

Nah itu dia beberapa penjelasan singkat tentang pembahasan mengenai ADMINISTRASI. Semoga artikel ini berguna buat para pembaca. Mohon kritik dan sarannya ya di kolom komentar. Supaya kedepannya penulis bisa lebih baik lagi dalam menyusun artikel. Thank ya guys udah berkunjung ke blog kami.







Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter