-->

Apa Itu Ekonomi dan Pengertian Ekonomi Menurut Beberapa Ahli

            Ekonomi adalah satu kata yang tidak asing lagi kita dengar dalam kehidupan kitas sehari-hari. Di dalam hidup masyarakat saat ini sudah bukan rahasia lagi kalo kita semua rata-rata cenderung melihat seseorang dari tingkatan ekonomi mereka. Sudah bukan menjadi hal yang baru di dalam kehidupan kita kalo seseorang yang mempunyai tingkat ekonomi lebih tinggi akan lebih dihargai daripada orang yang mempunyai tingkat ekonomi yang lebih rendah.

            Apa itu EKONOMI apakah pernah terlintas dipikran kita semua. Oke lansung saja kita bahas sedikit demi sedikt apa sebenarnya ekonomi itu dan bagian-bagianya yang merupakan satu hal yang penting dalam kehidupan ini.

1.      ASAL KATA EKONOMI
Istilah ekonomi berasal dari dua kata bahasa yunani yaitu kata Oikos yang artinya Rumah dan kata Nomos yang artinya Aturan, Tatanan, Peraturan, Hukum. Jika kedua kata itu digabungkan bisa berarti aturan/manajemen rumah tangga. Sistem pengelolaan seperti halnya sistem administrasi. Istilah ini pertama kali muncul ditempat peribadatan kristen tahun 1440, oleh karenanya istilah ekonomi baru dipakai bangsa-bangsa di dunia pada awal abad 19-20 ini.
Seperti kita ketahui secara jamak bahwa ekonomi adalah merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang kehidupan manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, aspek-aspek yang dikaji meliputi sistem produksi, sistem distribusi serta penggunaannya/cara mengkonsumsinya baik barang ataupun jasa yang menurut Wikipedia ekonomi pada akhirnya untuk pemenuhan kebutuhan hidup manusia, untuk mencari keuntungan secara materi, untuk memperoleh penghargaan/gelar, untuk mendapatkan kekuasaan ataupun untuk sosial kemanusiaan atau saling membantu antar sesama manusia.

Ilmu yang mempelajari ekonomi ini disebut dengan ILMU EKONOMI.Kita akan mendapatkan ilmu ekonomi ini mulai dari bangku sekolah tingkat dasar sampe perguruan tinggi. Bahkan dalam kehidupan bermasyarakat pun kita perlu dan masih harus belajar tentang ilmu ekonomi dalam kehidupan masyarakat.
Pada perkembangannya ilmu ekonomi ini mencakup beberapa ilmu sosial yang lain seperti sejarah, geografi, sosiologi maupun antropologi yang kesemuanya saling berkaitan dan saling menimbulkan sebab akibat. Mengikuti perkembangan zaman lagi sesuai dengan penerapan bidang-bidang baru, ilmu ekonomi juga berkembang dalam cakupan ilmu keuangan, ilmu administrasi, ilmu perdagangan, ilmu bisnis, ilmu produksi, ilmu distribusi, ilmu manajemen, ilmu teknik, sains terapan dan lain-lain.

Kemudian terdapat permasalahan ekonomi yang akan dihadapi oleh manusia sebagai perwujudan makhluk ekonomi sekaligus makhluk sosial yakni jumlah kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan manusia jumlahnya terbatas. Ada beberapa aspek yang akan mempengaruhi jumlah kebutuhan seseorang tak sama dengan jumlah kebutuhan orang lain yaitu diantaranya

·        Aspek Sosial Budaya
·        Aspek Ekonomi
·        Aspek Pendiikan
·        Aspek Moral
·        Aspek Fisik.

Manusia mengelompokkan ekonomi menjadi 5 sektor sesuai dengan kebutuhan:
·        Sektor Primer
Merupakan sektor ekonomi tradisional yang mana memanfaatkan langsung dari alam yang langsung bisa memenuhi kebutuhan hidup masyarakat dalam suatu bangsa. Sumber daya alam disini bisa diperoleh dari sektor pertanian, perhutanan, perikanan, pertambangan, dan lain. Industri yang mengolah hasil dari sektor preliminary ini juga bisa disebut dengan industri di sektor groundwork, contohnya seperti tengkulak pengumpul hasil bumi/sumber daya alam, penyulingan, pengepakan, dll.

·        Sektor Sekunder
Sektor Sekunder mendapat suplai bahan mentah dari sektor preliminary dimana sektor inilah yang memproduksi hasil dari sektor groundwork untuk dijadikan produk last untuk dapat dimanfaatkan atau dikonsumsi. Contoh sektor sekunder adalah usaha produksi, usaha konstruksi yang masing-masing dapat dibagi lagi menjadi industri berat dan ringan.

·        Sektor Tersier
Sektor Tersier berbeda dengan sektor preliminary maupun sekunder dimana produk akhir dari sektor tersier ini adalah produk yang tidak berwujud atau tidak berbentuk. Produk ini bisa diwujudkan dalam bentuk jasa, layanan, servis, konsultasi, sumber daya manusia dan lain-lain. Lebih banyak melibatkan ilmu pengetahuan dan keahlian pelakunya yang diharapkan mampu meningkatkan hasil kerja dari sektor lain yang memanfaatkan jasanya.

·        Sektor Quartener
Sektor Quartener lebih dalam lagi dari sektor tersier dimana pelaksanaanya fokus pada kegiatan-kegiatan intelektual. Pada sektor ini meliputi kebudayaan, kepustakaan, pemerintahan, riset ilmiah, informasi maupun kependidikan.

·        Sektor Quiner
Sektor Quiner merupakan sektor-sektor dari quartener yang bertindak sebagai pengambil keputusan utama yang dampaknya langsung dirasakan oleh masyarakat.

2.      PENGERTIAN EKONOMI MENURUT BEBERAPA AHLI

            Kita lanjut ke ulasan berikutnya. Akan lebih lengkap lagi apabila kita menyampaikan pengertian Ekonomi menurut beberapa ahli. Akan tetapi para ahli menafsirkan ekonomi itu sesuai cara pandang dan bidang masing-masing dari para ahli-ahli tersebut.
1)      ABRAHAM MASLOW
Pengertian Ekonomi adalah suatu bidang keilmuan yang akan menyelesaikan permasalahan kehidupan manusia melalui penggemblengan seluruh sumber ekonomi yang ada berdasarkan pada prinsip dan teori dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien.

2)      ADAM SMITH
Pengertian Ekonomi adalah penyelidikan tentang suatu keadaan dan sebab adanya kekayaan negara.
3)      PAUL ANTHONY SAMUELSON
Pengertian Ekonomi adalah ragam cara yang digunakan oleh seorang atau sekumpulan manusia dalam memanfaatkan sumber-sumber terbatas untuk mendapatkan berbagai macam produk dan komoditi serta mendistribusikannya agar bisa dikonsumsi oleh masyarakat banyak.

4)      HERMAWAN KERTAJAYA
Pengertian Ekonomi adalah Wadah dimana sektor industri melekat di atasnya.

5)      AMWAL
Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.

6)      KHURSID AHMAD
Ekonomi adalah suatu usaha yang mensistematiskan dan memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.

7)      ARISTOTELES
Ekonomi adalah suatu cabang yang dapat digunakan dengan dua jalan yakni mungkin bisa dipakai dan mungkin untuk ditukar dengan barang, jadi Ekonomi mempunyai nilai pertukaran dan nilai penggunaan.

8)      SAMUEKON
Ekonomi adalah suatu studi yang menganalisis segala macam kerugian dan keuntungan yang mengikat semua pola tertentu dalam memanfaatkan penggunaan sumber daya.
9)      LYPSEY
Ekonomi adalah suatu studi tentang pemanfaatan segala sumber daya yang langka untuk memenuhi segala kebutuhan manusia yang tak pernah berujung atau tidak terbatas.

10)  M. MANULLANG
Ekonomi merupakan suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.

11)  VON  NEUMANN dan MOGENSTERN
Ekonomi adalah suatu cabang ilmu yang sayang sekali jika tak diperlakukan secara tidak ilmiah karena semua tokohnya sudah sibuk mengurusi berbagai macam solusi supaya dapat menghadapi segala permasalahan mendesak pada zaman itu.

12)  ALFRED MARSHALL
Ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari mengenai segala kehidupan manusia dalam sehari-hari.

13)  CASE dan FAIR
Ekonomi adalah suatu studi tentang bagaimana masyarakat dan individu itu mengambil pilihan untuk menggunakan segala sumber daya yang langkap ada apa yang sudah disediakan oleh alam dan generasi yang sudah ada sebelumnya.


Demikian artikel tentang ilmu ekonomi dan pengertiannya menurut beberapa ahli. Semoga artikel ini bisa membantu dan dapat bermamfaat bagi para pembaca. Tunggu kami di artikel-artikel selanjutnya. Semoga bermamfaat

Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter