-->

Akuntansi Keuangan Vs Akuntansi Manajemen : Mana Yang Lebih Penting?

Akuntanasi Manajemen dan Keuangan,,,?. Ada yang tahu tidak apa bedanya dua kata tersebut. Kalo dilihat dari katanyanya saja emang sudah berbeda kan. Akan tetapi penjelasan secara terperinici atau bahasa ilmiahnya, tentu belum semua tahu kan, hehe. Oke dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal tentang kedua kata tersebut. Perlahan tapi pasti kita akan mengulasnya sedikit demi sedikit agar semua bisa paham maksud dan arti dari kata-kata itu. Mengapa kita perlu membahas arti dari kata manajemen dan keuangan terlebih dahulu. Karena akan lebih mudah kita pahami nantinya pembahasan yang akan kita ulas yakni tentang Akuntansi Keuangan dan Manajemen.



 Manajemen dapat diartikan adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mencapai tujuan suatu organisasi yang dilakukan secara bersama-sama. Disini kita bisa mengambil arti yang lebih signifikan yakni manajemen itu ada dalam sebuah lingkup yang besar dan terorganisir. Manajemen itu ada dalam sebuah kelompok atau organisasi. Jadi disini kata manajemen itu tidak berlaku bagi perindividu hanya bisa dalam kelompok masyarakat atau sebuah organisai. Itu dia penjelasan singkat mengenai kata manajemen. Selanjutnya kita akan membahas tentang kata yang kedua yaitu keuangan.

Sebelum kita membahas tentang keuangan akan lebih baik kalo kita tau kata dasar dari kuangan itu. Kata dasar dari keuangan itu sendiri adalah uang. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2008:1766) uang itu diartikan sebagai:
1.      Alat tukar atau standar penghitungan nilai yang sah, dikeluarkan oleh pemerintah suatu negara baik berupa emas, perak, kertas atau logam yang dicetak dengan bentuk dan gambar tertentu.
2.      Harta
3.      Kekayaan

Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, uang dalam ilmu ekonomi tradisional diartikan sebagai setiap alat ukur yang bisa diterima masyarakat umum. Dalam ilmu ekonomi terbaru (Modern) Uang diartikan sebagai sesuatu yang tersedia dan secara umum diterima sebagai alat pembayaran bagi baik pembelian barang-barang dan jasa-jasa serta kekayaan berharga lainnya dan serta untuk pembayaran hutang. Setelah menjelaskan arti dari kata dasar keuangan itu, kita akan lanjut membahas tentang arti dari keuangan itu.
Keuangan menurut KBBI (2008:1767) dapat didefinisikan menjadi:
1.      Segala sesuatu yang berkaitan dengan uang
2.      Seluk beluk uang
3.      Urusan uang
4.      Keadaan uang


Menurut salah satu ahli yakni Ridwan dan Inge (2003). Keuangan merupakan ilmu dan seni dalam mengelola uang yang mempengaruhi kehidupan setiap orang dan setiap organisasi. Keuangan berhubungan dengan proses, pasar, lembaga, dan instrumen yang terlibat dalam transfer uang diantara individu maupun antara bisnis dan pemerintah.
(Sumber : Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta, 2008, Sundjaja Ridwan S. & Barlian Inge, Manajemen Keuangan, edisi ke lima, Literata Lintas Media, Jakarta, 2003, Wikipedia bahasa Indonesia tentang uang dan keuangan)

Itu saja sedikit penjelasan tentang manajemen dan keuangan. Agar kita tidak terlalu jauh melenceng dari pembahas judul artikel kita kali. Lansung aja sob kita masuk ke artikel inti kita tentang Ekonomi Manajemen dan Keuangan.

·           PENGERTIAN AKUNTANSI KEUANGAN DAN MANAJEMEN

Dalam artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang apa itu akuntansi. Untuk lebih jelasnya sobat semua bisa cari artikel sebelumnya yang membahas tentang pengertian akuntansi. Oke lansung saja kita bahas mengenai Akuntansi Keuangan dan Manajemen
Akuntansi Keuanganmerupakan suatu tipe akuntansi yang di dapat mengolah suatu data informasi tentang keuangan yang di tujukan untuk suatu keperluan dari manajemen puncak dan juga suatu pihak dari luar organisasi.
Akuntansi Manajemen Merupakan suatu tipe akuntansi yang di dapat mengolah suatu data informasi tentang keuangan yang di tujukan untuk suatu keperluan dari manajemen untuk mengatur dan melaksanakan fungsi dan sebagai pengendali dari suatu organisasi.
 
Nah itu dia pengertian dari akuntansi manajemen dan keuangan. Dari kedua pengertian di atas tentunya ada beberapa perbandingan-perbandingan yang dapat di peroleh dari keduanya. Di bawah ini kita akan membahas beberapa perbandingan dari kedua jenis akuntansi tersebut.

·           PERBANDINGAN ANTARA AKUNTANSI KEUANGAN dan MANAJEMEN

Di bawah ini kita akan menjelaskan beberapa perbandingan antara Akuntansi Keuangan dan Manajemen. Beberapa perbandingan-perbandinganya antara lain adalah sebagai berikut:

1.      Akuntansi Keuangan
a.       Laporan yang di hasilakan di berikan ke pihak yang berada di dalam dan di luar organisasi.
b.      Memberikan suatu ikhtisar tentang hasil keuangan dan juga aktivitas yang ada di masa lalu.
c.       Lebih menekan kepada objektivitas dan juga information keuangannya dapat di verifikasi.
d.      Informasi yang di perlukan haruslah akurat.
e.       Information yang di susun adalah information keuangan dari perusahaan semua yang ada.
f.        Patuh pada suatu Prinsip Akuntansi yang Bersifat Umum.
g.       Sifatnya adalah wajib yaitu berupa laporan yang bersifat eksternal.
2.      Akuntansi Manajemen
a.       Laporan yang di hasilkan di berikan ke pihak yang berada di dalam saja atau pihak inner.
b.      Pengambilan keputusan yang di lakukan harus mempengaruhi masa depan.
c.       Bersifat relevansi dan fleksibelitas pada information yang ada.
d.      Informasi yang di hasilkan haruslah tepat waktu.
e.       Susunannya sangatlah detail yang di peruntukkan departemen, peroduk yang di hasilkan, konsumen yang membeli barang dan juga karyawan yang berkerja.
f.        Tidak terpengaruh oleh Prinsip Akuntansi yang Bersifat Umum.
g.       Sifatnya tidaklah wajib.
Dari kedua perbandingan di atas kita bisa tahu beberapa perbedaan-perbedaan yang ada dalam Akuntansi Keuangan dan Manajemen. Meskipun banyak perbedaan fungsi-fungsi dari keduanya, akan tetapi perbedaan fungsi itu yang membuat suatu organisasi atau perusaahan itu bisa lengkap dalam hal keuangan ataupun manajemenya. Karena kedua hal itu bersifat saling melengkapi satu dengan yang lainnya. Artinya disini apabila salah satu dari fungsi kedua hal itu tidak lengkap atau tidak ada, maka itu akan berpengaruh besar dalam suatu organisasi maupun perusahaan.
Nah itu dia penjelasan singkat dan simpel dalam artiikel kali ini. Semoga semua sekarang  bisa lebih paham dan mengerti tentang Akuntansi Keuangan dan Manjemen. Semoga artikelnya bermamfaat ya sob buat semuanya. Sekian dulu untuk artikel kali ini.








Related Posts

Post a Comment

Subscribe Our Newsletter